Saatnya Resolusi Untuk Tubuhku

Sunday, April 28, 2013
Hanya hidup saja yang perlu resolusi? Tubuh juga dong. Tanpa tubuh yang sehat, buat apa nyusun list resolusi hidup ?

Hai ladies,
Sudah hampir dua tahun, berat badanku naik drastis kira-kira 7-8 kilo. Karena apa? hamil + melahirkan, awalnya naik 17 kilo, lalu turun dan badan nggak balik ke awal. Wajahku tetep mungil, tapi pinggul dan paha ku yang membesar ga mau ciut lagi. Yah maklum udah ibu-ibu ya.



Mulai saat ini aku menyusun resolusi untuk tubuhku. Apa resolusinya? Lemak tubuhku harus hilang 6 kilo, harus dengan cara sehat dan ga susah. Yap, aku menulis resolusi tubuh tanpa tedeng aling-aling, langsung menuju target, enggak setengah-setengah mengucap. Mungkin bisa dibilang, aku ingin diet. Tapi kalau ngga pakai nominal, mau langsing seberapa? Harus ada nominal dan tujuan yang jelas. Kenapa aku tekankan " ga susah?". Karena kalau susah kita pasti ga semangat, mikirin kerjaan aja susah, ketambahan makan susah, diet susah. Big no no.. Semua jangan dibuat susah, mudah tapi tepat sasaran. Mau tau caranya?


Minum Air Putih Yang Banyak
Selain sebagai detox tubuh, minum air putih juga bermanfaat menekan nafsu makan ( gimana enggak, itu perut penuh dengan air ). Melancarkan fungsi ginjal, sehingga kerja ginjal jadi lebih mudah membuang racun-racun tubuh. Karena air, volume feses juga lebih lembut, jadi lebih mudah keluarnya. Serta beragam fungsi air putih, terlebih aku yang kerja kantoran dan kurang gerak, kerjaan harus duduk, dan supaya ga pegel-pegel, perlu banyak minum air putih. Awalnya kamu akan "beser" bolak balik, tipsnya minum air jangan dalam porsi yang sedikit-sedikit, kalau bisa langsung banyak dalam takaran tertentu, misal 2 gelas sekali teguk. Dalam sehari 8 gelas minimal.

+ : Murah, bisa didapet dimana aja, diet murmer, minuman seger
- : Bikin Beser terus awal-awal, selanjutnya enggak asal udah bisa atur pola minum

Lari Muter Komplek Tiap Pagi
Ada beragam pilihan dan membentuk tubuh dan merampingkan tubuh. Mulai dari aerobic, fitness, sit up, lari dan lain sebagainya. Awalnya pengennya aerobic aja, secara dia langsung membuat keringat mengucur deras ( tapi itu kalau kalian gampang ngikutin gerakan instrukturnya) Pengalaman saya terdahulu, karena saya ga bakat buat mengikuti gerak lagu (ibaratkan tari), jadinya langsung sering blank dan lupa, akhirnya aku cuman gerak setengah-setengah, kelamaan mikir, ga gerak banyak.

Setelah punya momongan, semakin ga mungkin aerobic, belum ke tkp, waktu dan jam selalu kres. Jadi  ide brilian saya, yaitu lari pagi waktunya 30-45 menit aja, cukup lari-lari kecil ngelilingin komplex. Mengapa harus 30-45  menit? Karena 15 menit pertama adalah waktu pemanasan, lemak dibakar ketika sudah berolah raga 30-45 menit. Dan Pastikan kaki harus menapak plus atur nafas supaya nggak ngos-ngosan.


+ : Bisa hirup udara pagi, murah meriah ga bayar, ga perlu pelajari teknik-teknik, semua badan gerak
- : Harus beli sepatu jogging, awalnya ngantuk berats, yang ga biasa bisa pegel-pegel awalnya

Makan Nggak Nambah 
Kebiasaan makan nambah, awalnya porsi kecil , keterusan nambah porsi besar. Atau awalnya porsinya biasa aja, trus nambah porsi kecil. Tapi gimanapun juga itu "kebiasaan nambah" ga baik, bisa merambat kesemua aspek, misal jajan juga pengennya nambah terus, beli-beli terus. Jadi.. biasakan makan secukupnya.



+ : Terbiasa makan secukupnya, ngga rakus, sugesti makan jadi "makan tadi cuman dikit aja"
- : Masih penasaran ama makanannya

Nggak Makan Nasi Kalau Malam
Yah engga tau juga sih... konsepnya kenapa ga makan nasi. Tapi dimana-mana cara diet ya nggak makan malem, atau makan malam sebelum jam 7 atau makan malem jangan langsung tidur, atau makan malem nya diganti buah dan susu low fat , etc. Kalau aku, milihnya cara enteng aja, ga makan nasi aja kalau malem, tapi makan sate 20 tusuk *LOL*. Kidding. Yah kalau bisa pengennya makan buah aja, kalau enggak, makan lauk nya aja ga usah nasi.

+ : Tidur tanpa beban, ga mikir lemak yang kita timbun selagi kita tidur
- : kalo ga biasa, ga bisa tidur "merasa" laper. (Hanya perasaan aja)

Ngemil Buah
Sebenernya ga mutlak nyemil harus buah, tetapi cemilan rendah lemak, tapi dari pada ribet mikirin cemilan apa dan ribet ngitung-ngitung kalori, ya sudah dibiasakan kalau ngemil ya buah,,, ( berat sekali ya *_* )

+ : Lengkap dan kaya asupan vitamin dari A+B+C sampai Z, pencernaan lancar, seger setiap hari
- : Harga buah terkadang lebih mahal dari cemilan kita biasanya ( wafer, biskuit dan lain-lain)

Nggak Terlena Pakaian Longgar
Kebiasaan berpakaian longgar, secara hijabee juga ya, sebaiknya juga memilih pakaian yang longgar. Tetapi jangan terlena, kemarin gara-gara semakin nyaman pakai legging xxxl, tiba-tiba balik nyobain celana jeans udah susah banget nafas. *PftttFFTttt(!&@%&@%*. Atau ketika musimnya batwing, pas mau cobain kemeja udah merasa lengan serasa sebesar gada :(

+ : Tak peduli berat badan kita seberapa, kalau longgar ngga kelihatan gendut atau kurusnya
- : Ternyata badan kita sama longgarnya dengan baju nya

Inti dari semua ini adalah "Motivasi" Seberapa kuat motivasi kamu untuk meraih sesuatu. Kali ini aku ingin memotivasi diriku karena sesuatu hal yang tidak bisa diganggu gugat. Sebenarnya apasih tujuan meresolusi diriku untuk langsing? Selain karena jatuhnya badan jadi ga fit, juga jadi ga semangat karena pakai ini itu ga ada yang pantes, akhirnya lari ke PD-an yang menurun, ngapain dikit capek dan lain-lain hal deh.

Ga berharap ingin kurus, hanya tidak gemuk saja. Resolusi untuk tubuh yang sehat dan pas. Tidak lebih, dan tidak kurang. Perlu aku tulis bener-bener di blog ini, supaya lebih semangat dan disiplin. Lebih membulatkan tekad untuk hidup sehat. Cara langsing alami gak bisa instan, adanya bertahap, aku kasih rentang waktu 1 tahun dari sekarang. Ga muluk-muluk, dalam setahun 6 kilo lemak harus tersingkir (menurutku ini beratttt).


Dan langkah selanjutnya, udah pada masuk check list budget untuk setahun kedepan beberapa produk udah dicatet buat wishlist. Lebih gampangnya langsung lihat lazada.co.id , udah pada nyatetin barang yang diperlukan buat diet. Jadi, ga cuman belanja makeup untuk kecantikan, tapi tubuh harus lebih dirawat juga supaya sehat. Oke deh.. semangat memulai hidup yang lebih sehat. Yuk ladiess... mulai hidup sehat dari sekarang, tentukan resolusi, susun motivasi dan voilaa.. akan ada jalan yang menuntun kamu mencapai target dan tujuan.

#ngeblog pagi-pagi

Daaadahhh....Brb Lari Pagi..


10 comments:

  1. Kalau aku sih sekarang hanya minum air putih, kurangin cemilan aja udah susut 4 kilo mba. Yang susah ya olahraga itu, kayaknya sibuuuuuuk banget sampai-sampai hanya sampai di niat ahahaha.

    Semangat mba!

    ReplyDelete
  2. Cobain 'morning banana diet' mbaak.
    It does work! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan pisang kahhh,, tiap pagi?

      Delete
    2. iya mbaak, paginya pisang sama air putih suhu ruangan aja. siang + malemnya bebaaas. lebih lengkapnya googling aja mbaak hehee

      Delete
  3. ga mau kalah... hap hap hap *loncat2* kikikiki..besok lari2 muterin kantor :D

    ReplyDelete
  4. Dulu anak pertama naik 25 kilo, idung sampe buleeeddd benerr haha... alhamdulillah nyisa kelebihan sekilo sebelum anak kedua. Trus Anak kedua cuma naik 8 kilo, nyisa sekilo juga sekarang... cuma pipi sama lengan nih susyeh benerr balik lagi kayak masa perawan...wahaha.. #bisagakyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl aku bisa.. km pasti juga bisa mommaaahh *pede akut* *pdhl blm turun babar blas*

      Delete

Pengen konstan bikin tutorial hijab buat kalian, ada saran?

There was an error in this gadget
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...